Buah-Buahan Yang Mengandung Vitamin C

Buah-Buahan Yang Mengandung Vitamin C

Buah-Buahan Yang Mengandung Vitamin C

https://zte.co.id – Ketika ditanya saat ini buah mana yang mengandung vitamin C, jawaban pertama kami adalah buah jeruk. Padahal, jeruk bukanlah buah-buahan dengan kandungan vitamin C tertinggi. Ya, ternyata buah yang mengandung vitamin C tertinggi adalah buah jambu biji. Kandungan vitamin C dalam jambu biji adalah 206 mg, lebih tinggi dari buah jeruk dengan kandungan vitamin C dari 59 hingga 83 mg per buah.

Apakah ada buah lain dengan kandungan vitamin C yang tinggi?

Vitamin C adalah salah satu vitamin terpenting yang diperlukan tubuh, terutama untuk pertumbuhan dan perbaikan tulang, gigi, kulit, dan sel-sel jaringan lainnya. Selain itu, vitamin C juga memiliki fungsi lain, seperti meningkatkan asupan zat besi dari sumber makanan nabati, mencegah kerusakan sel, mengurangi risiko kanker dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi, karena vitamin C dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. .

Karena fungsi penting ini, tidak heran bahwa tubuh kita membutuhkan banyak vitamin C dari makanan. Sumber vitamin C adalah buah-buahan. Tidak hanya jeruk, ada banyak lagi buah-buahan yang mengandung vitamin C.

Beberapa buah lain yang mengandung vitamin C adalah:

1. jambu biji

Jambu biji adalah buah yang mengandung vitamin C tingkat tertinggi. Seperti disebutkan di atas, jambu biji mengandung lebih dari 200 mg vitamin dalam buah, yang melebihi kandungan vitamin C jeruk.

Jambu biji mengandung vitamin C dan banyak serat. Kandungan serat dalam jambu biji juga melebihi kandungan serat jeruk. Disarankan untuk memenuhi persyaratan serat 25 gram (untuk wanita) pada 38 gram (untuk pria) dalam satu hari.

2. Pepaya

Setengah dari pepaya mengandung sekitar 94 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dari kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Berdasarkan temuan penelitian, konsumsi pepaya dapat mencerahkan kulit dan memperkuat tulang. Ini bisa terjadi karena kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah pepaya.

Selain vitamin C buah pepaya juga kaya serat makanan, vitamin A, vitamin B-kompleks (seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2 dan vitamin B1), kalium dan kalsium. Karena kandungan pepaya nya tentu menerima bermanfaat bagi tubuh, mempromosikan pencernaan (serat makanan), kesehatan kulit dan mata (vitamin A), mendukung metabolisme tubuh (vitamin B-kompleks) dan tekanan darah ( potasium) dikontrol.

3. Kiwi

Kiwi mengandung 84 gram vitamin C per buah. Kandungan vitamin C dalam kiwi juga lebih tinggi dari kandungan vitamin C pada jeruk. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam vitamin C membantu kiwi untuk mendukung tubuh dalam memerangi infeksi dan radikal bebas di dalam tubuh.

Kiwi juga mengandung vitamin A, vitamin E dan vitamin K. Mineral yang terkandung dalam kiwi adalah kalium, mangan, zat besi dan magnesium. Selain itu, kiwi juga merupakan sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Stroberi

Setengah gelas (125 ml) stroberi mengandung 52 mg vitamin C. Sedikit di bawah kandungan vitamin C dalam jeruk, stroberi, tetapi mereka masih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Stroberi mengandung vitamin C, anthocyanin dan asam ellagic. Studi menunjukkan bahwa konsumsi stroberi dapat membantu mencegah kanker, penuaan, peradangan dan penyakit neurologis.

Buah stroberi kaya akan antioksidan, dan juga mengandung vitamin B-kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, mangan, fluor, zat besi dan yodium, yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

5. Nanas

Dalam setengah gelas (125 ml) nanas mengandung 39-49 gram vitamin C. Tidak jauh berbeda dengan tingkat vitamin C dalam buah stroberi.

Selain vitamin C, nanas juga dikenal karena kandungan bromelain-nya. Bromelain adalah enzim pencernaan yang memecah protein dalam makanan, mengurangi pembengkakan dan bahkan mungkin anti-inflamasi. Buah nanas juga mengandung sejumlah kecil vitamin B kompleks dan vitamin A.

6. Mangga

Kurang dari kandungan vitamin C dalam buah-buahan, kandungan vitamin C dalam mangga adalah 29 mg. Mangga tidak hanya sumber vitamin C, tetapi juga sumber vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalium dan tembaga. Mangga juga kaya serat dan fitonutrien seperti karoten dan polifenol. Senyawa antioksidan polifenolik yang ditemukan dalam mangga telah terbukti membantu mencegah kanker payudara dan usus besar.

Baca Lainnya:

Beragam Contoh Teks Drama Yang Dapat Kamu Pelajari, Yuk Disimak !

GALAXY A80, PUNYA KAMERA NAIK TURUN YANG BISA BERPUTAR BESUTAN SAMSUNG

 

No comments.