Cara Agar Tidak Gemuk Setelah lebaran

Cara Agar Tidak Gemuk Setelah lebaran

Cara Agar Tidak Gemuk Setelah lebaran

Idul Fitri adalah hari kemenangan setelah puasa sekitar sebulan. Pada hari itu, biasanya setiap keluarga menyajikan menu khas lebaran, seperti opor ayam, daging rendang, daging rebus, sayuran labu, saus ari goreng, dan hidangan lezat lainnya. Tentunya ini membangkitkan nafsu makan, sepertinya Anda ingin makan semuanya. Tapi ingat, jaga berat badan saat lebaran. Anda tentu tidak ingin menjadi gemuk setelah lebaran, bukan?
Mengapa Anda menambah berat badan setelah Idul Fitri?

Cara Agar Tidak Gemuk Setelah lebaran

Sangat sulit untuk menahan diri dari makan banyak saat lebaran. Menu khas lebaran, dengan makanan penutup lebaran, serta minuman segar tentu membuat Anda ingin makan lebih banyak (terutama saat lebaran). Selain itu, makan dengan banyak kerabat membuat suasana makan lebih menyenangkan.

Ini membuat Anda “gila” dan tidak memperhatikan apa pun dan berapa banyak makanan yang Anda makan. Makanan yang dimakan saat Idul Fitri cenderung makanan yang tinggi lemak dan gula, yang membuat kalori masuk ke tubuh Anda berlebihan. Tidak mengherankan, berat badan telah meningkat setelah Idul Fitri.

Setelah lebaran, liburan masih panjang, membuat Anda tetap ingin bermalas-malasan di rumah atau pergi ke tempat wisata sambil mencicipi berbagai makanan. Ini membuat Anda lupa berolahraga. Jadi, kalori yang masuk ke tubuh Anda lebih besar dari kalori yang Anda habiskan.
Tips menjaga berat badan agar tidak bangun setelah lebaran

Untuk menjaga berat badan agar tidak naik setelah lebaran, kuncinya adalah kalori yang masuk ke dalam tubuh sama dengan kalori yang dikeluarkan. Anda mungkin bisa mengikuti tips ini untuk mencegah kenaikan berat badan setelah Idul Fitri.
1. Ketahui kepenuhan Anda, makanlah cukup

Berhentilah makan sebelum kenyang. Jangan membuat diri Anda terlalu penuh, ini akan membuat Anda malas. Sebaliknya, makanlah dengan kesadaran penuh dan tanpa gangguan sehingga Anda bisa merasakan makanan memasuki tubuh Anda.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan sambil melakukan hal lain cenderung makan berlebihan. Karena mereka kurang bisa tahu kapan sinyal tubuh kenyang. Sebaliknya, makan secara perlahan dan tanpa gangguan dapat membantu Anda mengenali rasa kenyang dengan lebih baik, sehingga mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Kenali juga rasa lapar Anda. Pastikan Anda benar-benar lapar, bukan hanya berpura-pura, sebelum mengambil makanan. Cobalah minum segelas air dan tunggu setidaknya 20 menit untuk mengetahui bahwa Anda benar-benar lapar atau tidak.
2. Diet dipertahankan, termasuk frekuensi, porsi, dan jenis makanan

Sekalipun lebaran, bukan berarti Anda bisa sangat bebas makan apa yang Anda inginkan. Yang terbaik adalah mengingat frekuensi dan porsi makan, tanpa melebih-lebihkan. Anda mungkin bisa menggunakan piring kecil untuk membatasi makanan.

Perhatikan juga jenis makanan yang Anda makan. Selama lebaran, kita cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan berlemak daripada makanan berserat. Lebih baik menyeimbangkan jenis makanan yang Anda makan. Jangan lupa makan banyak sayuran dan buah-buahan saat lebaran, karena serat di dalamnya bisa membuat Anda tidak menjadi gemuk.

Tidak hanya makanan berat, tetapi juga memperhatikan camilan dan minuman yang Anda makan saat lebaran. Lebaran manis manis dan sirup manis selama Idul Fitri tanpa Anda tahu bahwa itu dapat berkontribusi lebih banyak kalori untuk tubuh Anda. Anda biasanya tidak memperhatikan berapa banyak kue yang Anda makan dan berapa cangkir sirup yang Anda minum. Awas!
3. Tidur yang cukup, pantau stres Anda, dan tetap berolahraga meskipun Anda libur setelah lebaran

Kurang tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan. Ini karena orang yang tidak tidur cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori dan kurang aktivitas fisik. Jadi, penting bagi Anda untuk mendapatkan tidur yang cukup selama liburan Idul Fitri dan Idul Fitri.

Kurang tidur juga bisa menyebabkan stres, yang juga menyebabkan bertambahnya berat badan. Kami menyarankan Anda untuk melakukan hal-hal menyenangkan untuk menghindari stres selama liburan. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi stres, salah satunya adalah olahraga.

Selain mencegah stres, latihan liburan lebaran juga dilakukan untuk mengimbangi kalori yang masuk ke tubuh Anda sehingga berat badan Anda bisa lebih terkontrol. Bersantai di rumah, menonton televisi sambil ngemil dengan kue lebaran, tentu saja bisa membuat Anda gemuk setelah lebaran.

Baca juga:

 

No comments.