Cara Menyiasati Bahayanya Makan Gorengan

Cara Menyiasati Bahayanya Makan Gorengan

Cara Menyiasati Bahayanya Makan Gorengan

Makanan yang digoreng dapat ditemukan dari hidangan utama hingga makanan ringan. Rasa asin dan renyah dari makanan yang digoreng kadang-kadang dapat membuat publik melupakan dirinya sendiri, bahkan jika bahaya ada di belakangnya.

Makanan yang digoreng dengan lemak biasanya mengandung banyak lemak, kalori dan garam. Makanan yang digoreng dapat mengubah kualitas nutrisi dan meningkatkan kandungan kalori. Juga, jika minyak yang digunakan untuk menggoreng telah digunakan berulang kali sehingga mengandung lemak trans.

Bahaya makanan goreng dan cara menanganinya

Apa risikonya?

Makan makanan gorengan dalam jumlah besar sering dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan obesitas. Satu studi juga mencatat bahwa semakin banyak makanan yang digoreng dimakan, semakin besar risiko terkena diabetes 2 dan semakin besar risiko penyakit jantung.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada pria, konsumsi makanan yang digoreng dapat meningkatkan risiko kanker prostat pada pria dalam jangka panjang lebih dari sekali seminggu.

Terlalu banyak makanan yang digoreng sering dikaitkan dengan kolesterol tinggi. Semakin tinggi kadar kolesterol, semakin besar risiko penyakit jantung dan pembuluh darah.

Jika Anda mengonsumsi lebih dari kebutuhan tubuh Anda, kolesterol dapat menyebabkan plak yang menghalangi aliran pembuluh darah dan sumbatan pembuluh. Komplikasi akibat aliran darah yang terganggu termasuk stroke, aterosklerosis dan serangan jantung.

Terutama untuk wanita hamil

Konsumsi makanan gorengan yang berlebihan membawa risiko tertentu, terutama bagi wanita hamil. Berdasarkan hasil penelitian, diperkirakan bahwa makan gorengan sebelum kehamilan meningkatkan risiko diabetes selama kehamilan. Diabetes yang terjadi selama kehamilan disebut diabetes gestasional.

Dibandingkan dengan wanita yang makan gorengan kurang dari sekali seminggu sebelum kehamilan, risiko diabetes gestasional adalah 13% lebih tinggi jika mereka mengkonsumsi makanan goreng tiga kali seminggu. Risiko ini meningkat dengan jumlah makanan goreng yang dikonsumsi per minggu.

Upaya mengurangi risiko konsumsi gorengan

Untuk mengurangi risiko rendahnya konsumsi makanan yang digoreng, yang terbaik adalah mengganti minyak trans atau minyak yang telah dihidrogenasi dengan minyak yang lebih sehat seperti minyak zaitun, kanola, jagung, biji bunga matahari dan minyak wijen.

Agar minyak tidak menyerap makanan yang digoreng, disarankan untuk memanggang makanan pada suhu 176 hingga 1900 ° C. Jika suhu penggorengan lebih rendah dari suhu ini, minyak bisa masuk ke makanan. Sebaliknya, ketika suhunya terlalu tinggi, makanan menjadi terlalu kering dan minyaknya juga bisa teroksidasi.

Cara lain untuk meminimalkan proses penggorengan adalah memasak dengan oven. Sebelum memanggang daging, oleskan minyak zaitun untuk membuat daging lebih renyah pada saat dikonsumsi.

Untuk meminimalkan efek negatif dari makanan yang digoreng, tidak kalah pentingnya untuk menggunakan minyak berulang. Lebih disukai, minyak hanya digunakan sekali selama menggoreng.

Untuk makanan yang tidak berlemak, kami sarankan menggunakan tisu untuk menyerap minyak berlebih.

Jika Anda ingin makan gorengan, Anda harus melakukannya sendiri di rumah alih-alih membelinya. Makanan yang digoreng di rumah cenderung lebih sehat, karena Anda dapat memilih minyak dan cara memanggangnya.

Baca Juga :

Anda Ingin Membeli Motor Bekas? Baca Tips Aman Disini

Pelajari Pengertian Karangan Narasi dan Contohnya

Beragam Contoh Teks Drama Yang Dapat Kamu Pelajari, Yuk Disimak !

No comments.