Efek Berolahraga Malam Bagi Kesehatan

Efek Berolahraga Malam Bagi Kesehatan

Efek Berolahraga Malam Bagi Kesehatan

Kesulitan sering membuat kita tidak punya waktu untuk berolahraga di pagi atau sore hari, sehingga banyak yang memilih untuk berolahraga di malam hari. Tetapi bagi mereka yang menikmati olahraga malam, berhati-hatilah. Olahraga, jika memungkinkan, mereka sehat, tetapi efeknya bisa sangat merusak jika dilakukan di malam hari. Mengapa

Mengapa kerja malam begitu buruk bagi kesehatan Anda?

Ini ada hubungannya dengan jam biologis tubuh. Ketika kita tidur, jam biologis tubuh mengingatkan kita pada waktu untuk tertidur. Jika Anda memaksakan keluar malam, perubahan “jadwal” ini dapat membodohi jam biologis untuk mengontrol bagaimana fungsi tubuh. Akibatnya, tubuh menjadi sakit dan mudah lelah. Lalu, apa efek kesehatan dari olahraga malam hari? Lihatlah penjelasan di bawah ini.

1. Kurangi stamina
Olah raga malam dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, karena tubuh kehilangan banyak energi tanpa istirahat yang cukup setelah aktivitas sehari. Terutama jika intensitas latihan Anda terlalu berat atau membutuhkan banyak energi, seperti mengangkat beban atau berenang. Sistem kekebalan yang melemah membuat Anda berisiko terhadap banyak penyakit, seperti flu atau flu.

2. Ambil napas pendek dan mudah
Udara malam memiliki oksigen lebih sedikit dibandingkan pagi atau malam hari. Nah, berolahraga ketika tingkat oksigen di lingkungan rendah membuat Anda mudah lelah dan lelah.

Karena olahraga membutuhkan banyak oksigen, sehingga pernapasan dan sirkulasi Anda ke jantung menjadi bulat. Kekurangan oksigen saat berolahraga dapat menyebabkan sesak napas setelahnya.

3. Tidur nyenyak
Berolahraga dekat dengan tidur dapat membuatnya sulit untuk tertidur. Ini sebenarnya bisa diatasi tanpa terlalu banyak berolahraga. Ubah olahraga Anda menjadi malam menjadi olahraga yang santai dan menyenangkan.

Jadi, tidak bisakah Anda berolahraga di malam hari?
Olah raga malam nyata tidak dilarang. Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga teratur, tetapi Anda disarankan untuk memperlambat kecepatan Anda. Berolahraga di malam hari dengan kecepatan dan energi yang lebih lambat akan memungkinkan tubuh untuk mengontrol detak jantungnya dengan mudah, bernafas dan mempertahankan kadar hormon normal. Juga, jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan setelah berolahraga. Pemanasan bermanfaat untuk mengendurkan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan membuat Anda siap untuk malam yang tenang.

Tetapi untuk melihat hubungan antara olahraga, pasca-latihan dan pola tidur harian, Anda dapat membuat jurnal untuk membandingkan efeknya. Selanjutnya, hasil perbandingan antara olahraga malam dan efeknya pada tubuh Anda dapat digunakan sebagai referensi yang tepat untuk mengendalikan aktivitas sehari-hari.

American Dietetic Association merekomendasikan catatan hasil olahraga malam:

Anda mudah tertidur setelah olahraga malam
Apa yang Anda bangun untuk tidur sesudahnya
Apa kebiasaan dan selera berubah
Bagaimana Anda melakukan latihan selanjutnya
Dengan mengumpulkan dan menyesuaikan informasi di atas, Anda dapat membandingkan efek dan efek yang tepat pada tubuh Anda. Jika efeknya tidak bagus, Anda dapat mengubah jadwal latihan pagi atau malam hari. Anda juga dapat mengubah dan menyesuaikan latihan yang Anda gunakan saat berolahraga. Jika tidak ada efek samping tertentu, Anda dapat melanjutkan latihan malam hari dengan bagian kanan latihan dan terus makan untuk menghindari risiko lain di kemudian hari.

Baca Juga :

No comments.