Kandungan Gizi Kentang dan Manfaat Kentang bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Kentang dan Manfaat Kentang bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Kentang dan Manfaat Kentang bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Kentang dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

Manfaat Kentang – Kandungan nutrisi kentang dan manfaat kesehatan kentang – Kentang adalah umbi-umbian dari keluarga Solanaceae. Secara umum, bagian dari kentang yang dikonsumsi hanya bagian akar atau biasanya bagian umbi.

Kentang adalah makanan pokok di beberapa negara, terutama di benua Amerika Selatan dan Eropa. Tumbuhan ini, yang merupakan tanaman asli Amerika Selatan, dibudidayakan di berbagai negara dan merupakan salah satu bahan baku makanan terpenting di dunia. Judul ilmiah Kentang adalah Solanum tuberosum.

Kentang bisa dimakan dengan berbagai cara, kita bisa menyiapkannya dengan menggoreng, memasak, memanggang, atau mengubahnya menjadi berbagai makanan ringan.

Kentang yang dimasak ini (lebih baik direbus) mengandung berbagai vitamin, mineral, dan fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Kentang

Kandungan nutrisi kentang

Vitamin dan mineral berikut masing-masing terkandung dalam 100 gram kentang.

Nutrisi / Diet AKG%
Kalori 87kkal
20,1 g karbohidrat –
Air 77% –
Protein 1,9 g –
Gula 0,9 g –
1,8 g serat
Lemak 0,1 g –
Vitamin A 0μg 0%
Vitamin C 13 mg 14%
Vitamin D 0μg –
Vitamin E 2,1 mg 0%
Vitamin K 13,2 μg 2%
Vitamin B1 (tiamin) 0,11 mg 9%
Vitamin B2 (riboflavin) 0,02 mg 4%
Vitamin B3 (niasin) 1,44 mg 9%
Vitamin B5 (asam pantotenat) 0,52 mg 10%
Vitamin B6 (pyridoxine) 0,3 mg 23%
Vitamin B9 (asam folat) 10μg 3%
Vitamin B12 0μg –
Kolin 13,5 mg 2%
5 mg kalsium 1%
Zat Besi 0,31 mg 4%
Magnesium 22mg 6%
Fosfor 44 mg 6%
Kalium (kalium) 379 mg 8%
Sodium 4 mg 0%
Seng (seng) 0,3 mg 3%
Tembaga (tembaga) 0,19 mg 21%
Mangan 0,14 mg 6%
Selenium 0,3 μg 1%

Manfaat kentang untuk kesehatan
Kentang adalah sumber makanan yang mengandung banyak energi dan berbagai vitamin, mineral, dan senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Di bawah ini adalah beberapa manfaat kentang yang terdaftar untuk kesehatan kita.

1. Menjaga kesehatan jantung
Kentang mengandung vitamin C, kompleks vitamin B, serat, mineral dan senyawa karotenoid (lutein dan zeaxanthin) yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan organ lainnya. Kentang juga dapat meningkatkan kadar gula darah jika makan berlebihan menyebabkan obesitas, yang dapat menekan jantung kita. Karena itu, pencegahan penyakit jantung dengan makan kentang untuk penderita obesitas dan diabetes tidak dianjurkan.

2. Meningkatkan fungsi otak
Fungsi otak sangat bergantung pada kadar glukosa, oksigenasi, keasaman, omega-3, vitamin B kompleks dan beberapa hormon.

Hampir semuanya ditemukan dalam kentang. Kentang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat mempertahankan kadar gula darah yang memadai sehingga aktivitas kognitif tetap terjaga dan bekerja dengan baik.

Selain itu, otak membutuhkan oksigen yang diangkut oleh hemoglobin dalam darah. Kentang mengandung zat besi, yang merupakan komponen penting dari hemoglobin ini.

3. Cegah penyakit kudis
Penyakit kudis adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C (kekurangan vitamin C). Gejalanya meliputi radang gusi, kelemahan, bibir pecah-pecah dan infeksi virus yang sering. Kentang mengandung cukup vitamin C untuk mengatasi penyakit Scurvy.

4. Perawatan kesehatan untuk kulit
Vitamin C, vitamin B kompleks yang terkandung dalam kentang, potasium (kalium), fosfor, seng dan magnesium dapat menjaga dan merawat kesehatan kulit.

Selain itu, kentang mentah, yang dihancurkan dan dicampur dengan madu, dapat digunakan sebagai masker untuk mencegah jerawat dan noda pada kulit, untuk menyembuhkan luka bakar dan melembutkan kulit pada siku.

5. Mencegah kanker
Sebuah studi oleh Agricultural Research Service menunjukkan bahwa kentang mengandung senyawa quercetin yang memiliki sifat anti kanker dan anti kanker.

Baca Juga :

No comments.